Aspek Filosofis Perda Kerjasama Daerah

23 Oktober 2011, 22:35, dibaca 3264 kali
Share |

Dasar filosofis dalam penyusunan suatu ra(perda), termasuk raperda tentang kerjasama daerah, sangat penting untuk menghindari adanya pertentangan terhadap nilai-nilai yang hidup dan dipelihara di tengah-tengah masyarakat, misalnya nilai etika, adat, dan agama. Suatu norma hukum dikatakan berlaku secara filosofis apabila norma hukum itu memang bersesuaian dengan nilai-nilai filosofis yang dianut masyarakat dan pada tingkat tertinggi sesuai dengan nilai-nilai dasar atau nilai-nilai filosofis kehidupan kenegaraan.

Dari aspek filosofis, raperda tentang kerjasama daerah Provinsi Sumatera Selatan adalah dalam rangka mewujudkan keterpaduan penggunaan sumber daya daerah, sehingga kerjasama antar daerah maupun dengan pihak lainnya dapat menjadi salah satu alternatif bagi efisiensi dan efektivitas, sinergis dan saling menguntungkan bagi para pihak yang bekerjasama. Kerjasama dalam arti kerjasama antar daerah terutama daerah-daerah yang berbatasan menjaga keharmonisan karena dengan itu diharapkan menjadi jembatan yang dapat mengubah potensi konflik kepentingan antar daerah menjadi sebuah potensi pembangunan yang saling menguntungkan.
Kerjasama daerah dapat membawa konsekuensi yang luas bagi birokrasi dan masyarakat serta pembangunan daerah. Karena itu harus dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Hal tersebut pada dasarnya merupakan pelaksanaan fungsi pemerintahan yang harus selalu memiliki landasan hukum yang kuat dan jelas, termasuk aktivitas dalam menjalin kerjasama daerah.

Suatu kerjasama daerah, harus ada pengaturan antara lain siapa yang dapat mengikat kerjasama; bagaimana menyiapkan, dan mengelola kerjasama; bagaimana mengakhiri kerjasama; bagaimana menyelesaikan perselisihan selama pelaksanaan kerjasama, dan bagaimana pertanggungjawaban pelaksanaan kerjasama. Pengaturan tersebut dimaksudkan untuk mengawal agar hak dan kewajiban yang timbul dari kerjasama dapat dioptimalkan bagi kemasalahatan daerah, pemerintahan dan masyarakat. Di samping itu, kerjasama daerah adalah juga suatu perbuatan hukum yang menimbulkan akibat hukum dan harus dipertanggungjawabkan secara hukum.



Send Your Comment:

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion